REST Web Service Provider & Customer pada Java dengan (JAX-RS) Jersey, URL dan JAXB


RESTful web services dengan Java (Jersey / JAX-RS). Tutorial ini akan menjelaskan bagaimana mengembangkan suatu RESTful web services dalam Java menggunakan Jersey, suatu implementasi referensi JAX-RS.

Selain untuk membangun provider, framework Jersey mempunyai suatu pustaka client REST yang dapat digunakan untuk menguji atau membangun client atau customer REST API dalam Java.

Apakah client REST API harus dibuat dengan Jersey? TIDAK. Kita dapat menggunakan pustaka lain atau bahkan tanpa pustaka tambahan sama sekali. Kita dapat menggunakan kelas jaringan built-in Java 8 yang bernama URL. Bagaimana cara membuat client REST API dengan pendekatan ini?

JAX-RS mendukung pembuatan otomatis dari data XML dan JSON melalui JAXB.

Tutorial ini menggunakan beberapa software, yaitu Eclipse 4.5 (Mars) atau Neon 3, JDK 1.8 atau dikenal sebagai Java 8, Tomcat 8.0 atau 8.5 dan JAX-RS 2.0 (dengan Jersey 2.11).

Silakan download, baca dan praktekkan teknologi yang sedang tren dan dibutuhkan banyak orang, semuanya dibahas  hanya dalam 34 Halaman dan dapat dituntaskan kurang dari 3 jam.

This entry was posted in Uncategorized by Admin. Bookmark the permalink.

2 thoughts on “REST Web Service Provider & Customer pada Java dengan (JAX-RS) Jersey, URL dan JAXB

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.