Sistem Terdistribusi

TIK-604 Ini adalah kuliah pengantar untuk memasuki dunia sistem terdistribusi. Penekanannya pada teknik untuk membangun sistem terdistribusi yang dapat berfungsi, dapat digunakan, dan berkinerja tinggi. Untuk membuat masalah lebih konkret, kelas mencakup beberapa proyek perancangan multi-minggu yang membutuhkan desain dan pemahaman sistem yang signifikan. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan memperoleh pemahaman tentang prinsip dan paradigma yang mendasari sistem terdistribusi, seperti komunikasi lintas jaringan, konkurensi, sinkronisasi, konsistensi, dan toleransi kesalahan. Selain itu juga pengalaman dalam merancang sistem terdistribusi nyata melalui tugas proyek berkelompok dan observasi berbagai sistem terdistribusi mutakhir yang telah ada.

Kuliah ini mempunyai tiga tujuan utama:

  1. Mahasiswa memahami prinsip, arsitektur, algoritma dan model pemrograman yang digunakan dalam membangun sistem terdistribusi.
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja di dalam sistem terdistribusi yang canggih, seperti Sistem File Hadoop, Blockchain dan arsitektur modern yang berlaku seperti Whatsapp, Search Engine Google.
  3. Mahasiswa mampu merancang solusi sistem terdistribusi dari suatu masalah kompleks dan menganalisis solusi nyata dan mutakhir yang telah ada.

Kuliah ini menekankan pada dua capaian pembelajaran utama:

  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep inti dari sistem terdistribusi; yaitu, cara beberapa mesin dapat diatur untuk memecahkan masalah kompleks dengan benar dengan cara yang efisien, andal, dan terukur.
  2. Mahasiswa mampu menganalisis bagaimana sistem mutakhir yang ada telah menerapkan konsep inti dari sistem terdistribusi, dan juga akan menerapkan konsep tersebut dalam mengembangkan sistem contoh (proyek kelompok).

Adakah tugas pengembangan perangkat lunak pada matakuliah ini? ADA, namun hanya sampai tahapan perancangan sistem, sedangkan penulisan kode program hanya sebagai nilai tambah.

Rencana Perkuliahan:

1. 24 Februari 2020 – Pengantar Perkuliahan & Mengenal Sistem Terdistribusi

Tatap muka daring diLIBURkan. Slide dan Video dapat didownload dan dipelajari. Silakan ajukan pertanyaan di Google Classroom.

2. 03 Maret 2020 – Prinsip Inti Jaringan

Kuliah daring menggunakan Webex.

3.

Referensi:

Buku teks kuliah ini adalah buku bagus, berkualitas dan free (gratis):

Andrew S. Tannenbaum dan Maarten Van Steen (2007) Distributed Systems: Principles and Paradigms, 2nd Edition, Pearson Education. Khusus kuliah ini lebih baik menggunakan buku edisi ke-3. Paper tulisan.

Dalam kuliah ini, ada dua buku teks utama dan beberapa buku teks tambahan yang dapat dirujuk:

  1. Andrew S. Tannenbaum dan Maarten Van Steen (2007) Distributed Systems: Principles and Paradigms, 2nd Edition, Pearson Education. Ringkasan dari buku ini dapat dibaca terlebih dahulu.
  2. George Coulouris, Jean Dollimore, Tim Kindberg, dan Gordon Blair (2012) Distributed Systems: Concepts and Design, 5th  Edition, Addison Wesley.
  1. Ludwik Czaja (2018) Introduction to Distributed Computer Systems Principles and Features, Springer International Publishing AG
  2. Raja Malleswara dan Rao Pattamsetti (2017) Distributed Computing in Java 9, Packt Publishing
  3. Thomas Hunter (2020) Distributed Systems with Node.js, O’Reilly Media, Inc., ISBN: 9781492077299
  4. Nikhil Anurag (2018) Distributed Computing with Go: Practical concurrency and parallelism for Go applications, Packt Publishing, ISBN: 978-1-78712-538-4

Penilaian:

Keikutsertaan Mahasiswa dalam kuliah ini akan melibatkan lima bentuk kegiatan:

  1. Menghadiri ceramah (kuliah) secara daring via Webex sesuai jadwal yang ditetapkan
  2. Menyelesaikan tugas personal
  3. Menyelesaikan tugas kelompok (proyek perancangan sistem terdistribusi)
  4. Mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS)
  5. Keaktifan dalam diskusi atau penyampaian gagasan secara online via Google Classroom.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.