Home > Jaringan Komputer > Kebijakan & Standard Keamanan Informasi/Jaringan

Kebijakan & Standard Keamanan Informasi/Jaringan


Aktifitas pengamanan informasi atau sistem Jaringan adalah sangat penting bagi banyak organisasi. Tujuannya adalah terwujudnya 5 hal berikut:

1. Accessibility = Availability: Informasi harus tersedia saat diperlukan. Ini berarti bahwa sistem komputasi yang digunakan untuk menyimpan dan memproses informasi, kontrol keamanan digunakan untuk melindunginya, dan saluran komunikasi yang digunakan untuk mengaksesnya harus berfungsi dengan benar

2. Integrity: Dalam keamanan informasi, integritas berarti bahwa data tidak dapat dimodifikasi tanpa dapat dideteksi.

3. Confidentiality: Kerahasiaan adalah istilah yang digunakan untuk mencegah pengungkapan informasi kepada individu yang tidak sah atau sistem.

4. Authenticity: Dalam transaksi e-commerce misalnya, perlu untuk memastikan bahwa data, transaksi, komunikasi atau dokumen (elektronik atau fisik) Adalah asli

5. Non-repudiation: Dalam hukum, non-repudiation menyiratkan keinginan seseorang untuk memenuhi kewajiban mereka terhadap kontrak. Hal ini juga menyiratkan bahwa salah satu pihak dari transaksi tidak dapat menyangkal telah menerima transaksi atau pihak lain dapat menyangkal telah dikirim transaksi.

Lebih detail mengenai hal ini, mencakup definisi kebijakan, standard, pedoman dan prosedur, siklus dari kebijakan dan contoh-contoh kebijakan (termasuk standard dan pedoman), dapat dibaca pada Slide “Kebijakan Keamanan Informasi/Jaringan” yang kami sampaikan pada kuliah Keamanan Jaringan di Program S2 Ilmu Komputer UGM pada tanggal 21 September 2012. Terima kasih buat Bapak Tri Kuntoro Priyambodo yang telah mempersilakan kami berbagi (sharing) mengenai topik ini pada kuliah yang beliau ampu tersebut.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: