Home > Pemrograman Java, Pemrograman Web, Serba-serbi > HaXe – Bahasa Pemrograman Lintas Platform

HaXe – Bahasa Pemrograman Lintas Platform


Mau cepat dan lebih lengkap? langsung saja ke: http://www.haxe.org

Minggu lalu saya tiba-tiba kenalan dengan bahasa pemrograman “baru”, setidaknya bagi saya, namanya HaXe. Coba baca-baca, dan ternyata menarik sekali. Nah, di sini saya coba posting sedikit tentang apasih HaXe ini.


haXe adalah bahasa pemrograman universal yang benar-benar cross-platform dan menyediakan pustaka standar yang tetap sama – terlepas dari platform. haXe telah mengisi kesenjangan dalam pembuatan aplikasi multi-platform.

haXe berawal sebagai bahasa pemrograman web-oriented dan telah bergerak jauh sejak debutnya pada akhir 2005. Tujuan utamanya adalah untuk memperbaiki masalah besar dalam pengembangan web, tetapi sekarang orang dan perusahaan banyakmenggunakannya untuk menutupi kesulitan pada aplikasi lintas platform dan perangkat.

haXe telah digunakan di banyak tempat. Ada perusahaan yang menggunakannya untuk kerja profesional namun tidak berarti bahwa mereka menggunakan haxe untuk seluruh mereka; banyak perusahaan yang menggunakan haXe memang akan bergerak ke dan fokus pada haXe, atau
hanya menggunakan haXe untuk beberapa bagian dari pekerjaan mereka dan tidak berencana terus menggunakannya.

Meskipun haXe tidak sulit untuk dipelajari tetapi cukup sulit bagi perusahaan untuk mengubah teknologi yang mereka gunakan.

Ada juga beberapa proyek open source yang menggunakan haXe. Sebagai contoh, pustaka haXe ditulis dalam haXe, dan hampir semuanya bersifat open source. Ada juga penggemar atau mahasiswa yang belajar menggunakan haXe. Belajar haXe dan berpartisipasi dalam masyarakat membantu dalam mempelajari konsep pemrograman.

haXe digunakan dapat digunakan untuk banyak maksud berbeda. Pada awalnya, haxe terutama digunakan untuk membangun aplikasi web.Haxe juga dapat digunakan untuk menulis aplikasi desktop. Beberapa orang telah menggunakan kombinasi Flash dan Neko. Anda dapat menulis baris perintah aplikasi yang tidak perlu Flash, Anda dapat menggunakan atau menulis perpustakaan grafis lain.

Anda juga dapat menulis server dengan haXe. Kerangka kerja haxe menyediakan beberapa bantuan untuk melakukan itu. Contoh yang mengesankan dari server yang ditulis dalam haXe haXeVideo tersedia di http://code.google.com/p/haxevideo/. Ini adalah server video yang memungkinkan live streaming video ke flash-light dari klien. Meskipun belum siap untuk produksi pada saat ini, itu adalah awal yang baik dan dapat menempatkan Anda di jalur yang benar.

haXe dapat digunakan secara langsung terhadap perangkat mobile seperti IOS dan Android, tetapi juga mungkin menggunakannya untuk menulis aplikasi berbasis web bagi perangkat mobile. Saat ini, banyak
ponsel memiliki browser yang mampu menjalankan kode JavaScript. Ada juga beberapa runtimes yang memungkinkan seseorang untuk membuat aplikasi berbasis pada teknologi web yang berjalan pada perangkat mobile.

haXe juga membawa konsep pemrograman berorientasi-objek yang terkenal dengan prinsip kelas untuk platform yang tidak native mendukung itu. Dengan cara ini, Anda akan mampu membuat program menggunakan konsep kelas, tipe (juga dengan resep generik), enum, dan obyek lain, bahkan jika program ini berjalan di browser.

Contoh programnya, hello word saja, misal disimpan dengan nama Main.hx:

class Main {
   public static function main() {
         trace("Hello World");
   }
}

Cara kompilasi:

haxe –main Main –neko helloworld.n

Cara Eksekusi:

neko helloworld.n

Bagaimana? silakan dinikmati…semoga bermanfaat😉

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: