Home > Jaringan Komputer, Pemrograman Web > Layanan Content

Layanan Content


Content atau lebih tepatnya digital content dapat didefinisi sebagai suatu informasi yang tersedia untuk diambil oleh pengguna, mencakup halaman web, image, musik, audio, white paper, driver, dan software, juga materi training, edukasi dan referensi [6]. Sedangkan content server adalah suatu komputer yang menyimpan content dan dapat diakses oleh pengguna, melalui suatu media komunikasi seperti Internet dan saluran komunikasi handphone [7]. Penyedia layanan content bertugas mengelola satu atau lebih content server sehingga selalu dapat diakses dan memberikan informasi terbaik yang dibutuhkan pengguna.


Content management (CM) adalah sekumpulan proses dan teknologi yang mendukung siklus hidup evolusioner dari informasi digital. Secara umum, siklus hidup digital content terdiri dari 6 tahap utama, yaitu create, update, publish, translate, archive dan retrieve. Sebagai contoh, content yang telah dibuat masih dapat diubah sebelum dipublikasikan. Saat content telah diakses oleh pengguna, terdapat kemungkinan content diterjemahkan ke bahasa atau bentuk lain seperti gambar, brosur, atau suara. Content tentu diarsip secara baik agar memudahkan saat diretrieve pada waktu berikutnya.

Pengelolaan content merupakan suatu proses collaborative, terdiri dari beberapa peran dan tanggungjawab dasar yaitu: creator, editor, publisher, administrator, dan consumer.
Sistem pengelolaan content dapat berbentuk software untuk manajemen situs web yang dikenal sebagai content management system (CMS), kerja dari staf editorial surat kabar, workflow bagi publikasi artikel, atau sistem pengelolaan dokumen [8].

Informasi yang disediakan oleh CMS sebagian besar berupa artikel yang mengandung teks atau kombinasi dengan gambar yang menjelaskan tentang sesuatu yang merupakan pengalaman, hasil belajar dari buku atau paper, hasil seminar, training atau kuliah. Content dapat pula bersumber dan ditampilkan berupa iklan baris atau direktori bisnis.

Iklan baris atau classified advertising adalah iklan yang muncul dalam surat kabar – kadang dalam beberapa majalah – yang disusun sesuai dengan kategori atau klasifikasi tertentu. Teks dari iklan merupakan kumpulan dalam ukuran dan style of type yang sama dan biasanya tanpa ilustrasi. Heading utama dari jenis iklan ini adalah employment, real estate dan otomotif, meskipun ada banyak kategori tambahan seperti peluang bisnis, lost and found, binatang peliharaan, dan personal. Pada surat kabar, biasanya iklan cetak dibagi ke dalam dua kategori dasar yaitu classified dan display, sehingga iklan baris sering disebut pula sebagai undisplay advertising. Suatu iklan baris terdiri dari dua atau tiga baris pendek menyatakan apa yang dijual dan nomor telephone yang dapat dihubungi untuk informasi lebih lengkap, kadang juga menyertakan nama dan alamat pengiklan serta deskripsi singkat produk menggunakan beberapa akronim [9].

Istilah yellow pages mengacu ke direktori telephone dari bisnis yang dikelompokkan sesuai dengan produk atau layanan yang disediakan, menampilkan daftar layanan atau produk yang terurut secara alfabet dan biasanya dicetak di atas kertas berwarna kuning dan diterbitkan dalam periode tahunan [10]. Versi onlinenya disebut Internet Yellow Pages, menampilkan daftar bisnis secara alfabet dan dilengkapi fungsi pencarian database bisnis berdasarkan nama, jenis atau lokasi bisnis. Karena tidak terbatas ruang maka informasi bisnis yang disediakan dapat lebih lengkap seperti company profile, peta lokasi, dan informasi produk. Kelebihan utamanya adalah dapat di-update secara real-time, tidak periodik tahunan, sehingga informasi yang tersedia menjadi lebih akurat dan banyak pilihan [11]. Keuntungan ini juga diberikan oleh layanan iklan baris online.

Iklan baris dan yellow pages online memungkinkan penyediaan content yang lebih banyak dan beragam, namun kondisi ini dapat menyebabkan pengguna kesulitan mendapatkan informasi yang paling akurat dan sesuai dengan kebutuhannya. Sistem harus melakukan penyaringan informasi secara tepat, memanfaatkan informasi demografi, perilaku akses pengguna atau keterkaitan antar item informasi yang disediakan. Pemilihan algoritma filtering pada content server yang menyediakan informasi iklan baris dan direktori bisnis berbeda dengan search engine atau portal berita.

Referensi
[6] _________. http://www.pcmag.com/encyclopedia_term/0,2542,t=content&i=40264,00.asp, 06 November 2008
[7] _________. http://www.pcmag.com/encyclopedia_term/0,2542,t=content+server&i=40276,00.asp, 06 November 2008
[8] _________. http://en.wikipedia.org/wiki/Content_management, 07 November 2008
[9] _________. http://www.answers.com/topic/classified-advertising
[10] _________. http://www.answers.com/topic/yellow-pages
[11] _________. http://www.answers.com/topic/electronic-yellow-pages

  1. 29 November 2008 at 5:23 pm

    mas, iki jurnal po piye?

  2. 29 November 2008 at 5:24 pm

    he he … potongan dari tulisan ilmiahku ded🙂 mirip jurnal lah dikit …agak malas ngeditnya😀

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: