Home > Serba-serbi > Pemrograman di Linux

Pemrograman di Linux


Ini bukan tutorial pemrograman…hanya info mengenai tool apa saja yang ada di Linux kalo mau masuk ke dunia pemrograman, dunia serba sulit bagi pekerja IT. Mengapa ini ditulis? Banyak yang bilang, “Nggak mau ah pake Linux, susah pemrogramannya…masak cuma C dan PHP”. Moga yang lagi baca ini nggak termasuk yang ngomong begitu.🙂


Sebenarnya, di Linux banyak banget bahasa pemrograman dan pendukung lainnya seperti database server dan IDE, bahkan banyak banget yang gratis, sayang banyak orang Indonesia malas mencari tahu…sebagian besar hanya tertarik menjadi penunggu turunnya Informasi atau perintah.

Seingat saya, walau pun belum pernah coba semua (gila apa coba semua development tools), ada bahasa-bahasa berikut:

1. Free Pascal, jadi nggak perlu pake Turbo Pascal lagi, perintah-perintahnya persis sama. Download aja di http://freepascal.org
2. GCC dan G++, inilah compiler C dan C++ yang sangat mendunia dan tua di Unix (Linux, FreeBSD dan marga *Nix lainnya). Biasanya sudah terinstal, atau kalo belum bagi g++, jika menggunakan paket Fedora (termasuk Redhat, CentOS), SuSE, Debian (yang full, atau Ubuntu dengan Repo), silakan langsung diupdate.
3. Shell programming, kayak batch file di DOS tapi jauh lebih lengkap.
4. Python, Perl, Ruby, ini sudah umum di Linux…yang terakhir memang masih kurang penggunanya. Python dan Perl banyak digunakan untuk mengadmnistrasi sistem, termasuk bikin Mail Server, Bandwitdh management, network management, dll.

itu tool untuk pengembangan aplikasi teks, ada yang lain…cuma kurang ngetop atau saya nggak ingat🙂

Kalo untuk aplikasi grafis, bisa pake:

5. Gambas, VB-nya Linux
6. Lazarus, Delphi under Linux. Download di http://lazarus.freepascal.org. Dulu ada Kylix, keluaran borland tapi nggak update dan kayaknya dah mati.

Aa yang lain? untuk pemrograman GUI juga bisa pake Python yang dipadukan dengan GTK atau C++ dengan library QT. Pokoknya banyak pilihan, tapi dua yang terakhir perlu jiwa heroik dikit🙂. Mau pake PHP bikin aplikasi grafis juga bisa, padukan dengan GTK.

Ada bahasa lain yang belum disebut, yaitu Java dan PHP. PHP banyak digunakan untuk membangun aplikasi web karena simple, termasuk kemudahan konek ke database, apalagi ke MySQL. Ada juga Perl untuk web, tapi kurang ngetop sejak ada PHP.

Kalo Java? itu mash serba bisa, mau teks based OK, grafis jalan, web juga bisa. Kalo teks, pemrogramannya lebih sederhana. Kalo grarif pakai library Swing tapi tetap agak repot. Gampangin pake IDE Eclipse atau Netbeans yang keduanya gratis…tis…tis. Kalo untuk web, hasilnya dapat applet, servlet atau script JSP (ini juga diterjemahkan ke servlet saat eksekusi).

Gilee khan? iya, di Linux tuh lengkap banget. Kalo database server yang ngetop itu MySQL yang sangat cepat dan mudah digunaan. Ada juga PostGreSQL yang sedikit lebih sulit tapi super lengkap..kalo dilengkapin🙂. Ada database dari Oracle, namanya BerkeleyDB, versi Embedednya malah free dan langsung dapat disatukan ke dalam program Java. Oh ya..kalo tertarik dengan dot Net juga ada, namanya Mono.

Ayo…saatnya beralih ke software Free dan Open Source.

Ada lagi? buanyak? mana ingat ane. Nanti kalo ada waktu pengen sih…nulis tutorial pemrograman di Linux…doain ada waktu cukup yah. Thanks mau baca tulisan yang ditulis pas ngantuk dan capek ini.🙂

Categories: Serba-serbi Tags: , ,
  1. 22 October 2008 at 2:42 am

    kok dunia pemrograman dikatakan dunia serba sulit pakde? yang serba mudah apa dong ?😀

  2. 22 October 2008 at 5:45 am

    Emang ada di dunia ini yang serba mudah? ha ha… bingung juga saya kalo ditanya kenapa pemroraman serba sulit he he…mungkin kalo pake basaha Assembly kali … itu juga ada di Linux. Kalo pemrograman kayaknya tetap sulit dech ded…tapi kalo pengembangan software mungkin makin lama makin mudah…banyak tool yang membantu sehingga tugas mrogram alias coding jadi lebih mudah dan singkat…gitu kali jawabannya..sedikit ngeles lah😀

  3. rotyyu
    22 October 2008 at 6:54 am

    Tidak termasuk marga Damanix kan Pak??

  4. Lunix96
    22 October 2008 at 7:05 am

    Ha ha ha bisa ajah elo….la iya lah…kalo damanix masuk…susah juga dunia Linux nanti…harus sering main filmnya dia. Eh…kau jangan lupa pulang kampung kalo sudah lulus…kau bangun daerah mu…jangan pula keasyikan kau di jawa kau tinggal calon istrimu di sana…kasihanlah dia tu🙂

  5. rotyyu
    26 October 2008 at 12:58 pm

    Loh… Pak Husni sendiri ga pulang gitu loh…….

  6. 11 November 2008 at 5:59 pm

    vote untuk java…

  7. rudy
    22 August 2009 at 7:15 pm

    Kalo menurut gw sih pemrograman dilinux masih tetap aja kurang bagus, karena tidak framework yang benar2 mantap untuk mendesign suatu system aplikasi layaknya Visual Basic, Visual Foxpro atau Delphi sedangkan kita didunia windows mengimplementasikannya sangat mudah karena dulu saya pernah mencoba beralih kelinux dari bahasa pemrograman visual foxpro ke bahasa pemrograman dilinux seperti gambas atau java tp sulitnya minta ampun karena kita mesti banyak migrasi dari hal2 kecil seperti pola penerapannya harus sama untuk ke linux untuk aplikasi program lama kita seperti program2 untuk gudang, accounting dllnya jadi benar2 perlu waktu yg lama kalo mau beralih kelinux sedangkan kita perlu cepat untuk mendevelop program belum lagi kendala2 dari berbagai hardware driver, software2 lainnya.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: